Lampiran I
PERATURAN
MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 137 TAHUN
2014
TENTANG STANDAR
NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
STANDAR ISI TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK
Lingkup Perkembangan
|
Tingkat Pencapaian Perkembangan
Anak
|
|
Usia 4 – 5 Tahun
|
Usia 5 – 6 Tahun
|
|
I.
Nilai Moral dan Agama
|
1.
Mengetahui
agama yang dianutnya
2.
Meniru
grakan beribadah dengan urutan yang benar
3.
Mengucapkan
doa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
4.
Mengenal
perilaku baik/ sopan dan buruk
5.
Membiasakan
diri berperilaku baik
6.
Mengucapkan
salam dan membalas salam
|
1.
Mengenal
agama yang dianut
2.
Mengerjakan
ibadah
3.
Berperilaku
jujur, penolong, sopan, santun, hormat, sportif, dsb
4.
Menjaga
kebersihan diri dan lingkungan
5.
Menghormati
hari besar agama
6.
Menghormati
(toleransi) agama orang lain
|
II. Bahasa
A. Memahami Bahasa
|
1.
Menyimak
perkataan orang lain (bahasa ibu atau bahasa lainnya)
2.
Mengerti
dua perintah yang diberikan bersamaan
3.
Memahami
cerita yang dibacakan
4.
Mengenal
perbendaharaan kata mengenal kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani,
baik, jelek, dsb)
5.
Mendengar
dan membedakan bunyi bunyian dalam bahasa Indonesia (contoh, bunyi dan ucapan
harus sama)
|
1.
Mengerti
beberapa perintah secara bersamaan
2.
Mengulang
kalimat yang lebih kompleks
3.
Memahami
aturan dalam suatu permainan
4.
Senang
dan menghargai bacaan
|
B. Mengungkapkan Bahasa
|
1.
Mengulang
kalimat sederhana
2.
Bertanya
dengan kalimat yang benar
3.
Menjawab
pertanyaan sesuai pertanyaan
4.
Mengungkapkan
perasaan dengan kata sifat (baik, senang,nakal, pelit, baik hati, baik,
jelek,dsb)
5.
Menyebutkan
kata-kata yang dikenal
6.
Mengutarakan
pendapat kepada orang lain
7.
Menyatakan
alasan terhadap sesuatu yang diingingkan atau ketidak setujuan
8.
Menceritakan
kembali cerita/dongeng yang pernah didengar
9.
Memperkaya
perbendaharaan kata
10. Berpartisipasi dalam percakapan
|
1.
Menjawab
pertanyaan yang lebih kompleks
2.
Menyebutkan
kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
3.
Berkomunikasi
secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol
utntuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
4.
Menyusun
kalimat sederhana dalam struktur lengkap (pokok kalimat- predikat-keterangan)
5.
Memiliki
lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain
6.
Melanjutkan
sebagian ceritadongeng yang telah diperdengarkan
7.
Menunjukkan
pemahaman konsep-konsep dalam buku cerita
|
C. Keaksaraan
|
1.
Mengenal
symbol-simbol
2.
Mengenal
suara-suara hewan / benda yang ada disekitarnya
3.
Membuat
coretan bermakna
4.
Meniru
(menuliskan dan mengucapkan) huruf A-Z
|
1.
Menyebutkan
symbol-simbol huruf yang dikenal
2.
Mengenal
suara huruf awal dari nama-nama benda yang ada disekitarnya
3.
Menyebutkan
kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama
4.
Memahami
hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
5.
Membaca
nama sendiri
6.
Menuliskan
nama sendiri
7.
Memahami
arti kata dalam cerita
|
III.
Fisik Motorik
A.
Motorik
Kasar
|
1.
Meniru
grakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat terbang, dsb
2.
Melakukan
gerakan menggantung (bergelayut)
3.
Melakukan
gerakan melompat, meloncat, dan berlari secara terkoordinasi
4.
Melempar
sesuatu secara terarah
5.
Menangkap
sesuatu secara tepat
6.
Melakukan
gerakan antisipasi
7.
Menendang
sesuatu secara terarah
8.
Memanfaatkan
alat permainan diluar kelas
|
1.
Melakukan
gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan dan
kelincahan
2.
Melakukan
koordinasi gerakan mata-kaki-tangan-kepala dalam menirukan tarian atau senam
3.
Melakukan
permainan fisik dengan aturan
4.
Terampil
menggunakan tangan kanan dan kiri
5.
Melakukan
kegiatan kebersihan diri
|
B.
Motorik
Halus
|
1.
Membuat
garis vertical, horizontal, lengkung kiri/kanan, dan lingkaran
2.
Menjiplak
bentuk
3.
Mengkoordinasikan
mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit
4.
Melakukan
gerakan manipulative untuk menghasilkan suatu bentuk dengan menggunakan
berbagai media
5.
Mengekspresikan
diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media
6.
Mengontrol
gerakan tangan yang menggunakan otot
halus, (menjumput, mengelus, mencolek, mengepal, memelintir, memilin,
memeras)
|
1.
Menggambar
sesuai gagasannya
2.
Meniru
bentuk
3.
Melakukan
eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan
4.
Menggunakan
alat tulis dan alat makan dengan benar
5.
Menggunting
sesuai pola
6.
Menempel
gambar dengan tepat
7.
Mengekspresikan
diri melalui gerakan menggambar secara rinci
|
C. Kesehatan dan Perilaku
keselamatan
|
1.
Berat
badan sesuai tingkat usia
2.
Tinggi
badan sesuai tingkat usia
3.
Berat
badan sesuai dengan standar tinggi badan
4.
Lingkar
kepala sesuai tingkat usia
5.
Menggunakan
toilet (penggunaan air, membersihkan diri) dengan bantuan minimal
6.
Memahami
berbagai alarm bahaya (kebakaran, gempa, banjir)
7.
Mengenal
rambu lalu lintas yang ada dijalan
|
1.
Berat
badan sesuai tingkat usia
2.
Tinggi
badan sesuai tingkat usia
3.
Berat
badan sesuai dengan standar tinggi badan
4.
Lingkar
kepala sesuai tingkat usia
5.
Menutup
hidung dan mulut (misal ketika batuk dan bersin)
6.
Membersihkan
dan membereskan tempat bermain
7.
Mengetahui
situasi yang membahayakan diri
8.
Memehami
tata cara menyebrang
9.
Mengenal kebiasaan buruk bagi kesehatan
(rokok, minuman keras)
|
IV. Kognitif
A.
Belajar
dan pemecahan masalah
|
1.
Mengenal
benda berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis)
2.
Menggunakan
benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil)
3.
Mengenal
konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis,hujan, gelap, terang,
temaram,dsb)
4.
Mengetahui
konsep banyak dan sedikit
5.
Mengkreasikan
sesuatu sesuai dengan idenya sendiri yang terkait dengan berbagai pemecahan
masalah
6.
Mengamati
benda dan gejala dengan rasa ingin tahu
7.
Mengenal
pola kegiatan dan menyadari pentingnya waktu
8.
Memahami
posisi/kedudukan dalam keluarga, ruang, lingkungan sosial, (misal : sebagai
peserta didik/anak/teman)
|
1.
Menunjukkan
aktifitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik (seperti: apa yang terjadi
ketika air ditumpahkan)
2.
Memecahkan
masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang fleksibel dan
diterima sosial
3.
Menerapkan
pengetahuan dan pengalaman dalam konteks yang baru
4.
Menunjukkan
sikap kreatif dalam menyelesaikan masalah (ide, gagasan, di luar kebiasaan)
|
B.
Berfikir
Logis
|
1.
Mengklasifikasikan
benda berdasarkan fungsi, bentuk, atau warna atau ukuran)
2.
Mengenal
gejala sebab-akibat yang terkait dengan dirinya
3.
Mengklasifikasikan
benda kedalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok
yang berpasangan dengan 2 variasi
4.
Mengenal
pola (misal, AB-AB dan ABC-ABC) dan mengulngnya
5.
Mengurutkan
benda berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna
|
1.
Mengenal
perbedaan berdasarkan ukuran: “lebih dari”, “kurang dari”, dan “paling/ter”
2.
Menunjukkan
inisiatif dalam memilih tema permainan (seperti: “ayo kita bermain pura-pura
seperti burung”)
3.
Menyusun
perencanaan kegiatan yang akan dilakukan
4.
Mengenal
sebab-akibat tentang lingkungannya (angin meniup menyebabkan daun bergerak,
air dapat menyebabkan sesuatu menjadi basah)
5.
Mengklasifikasikan
benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran (3 variasi)
6.
Mengklasifikasikan
benda yang lebih banyak kedalam kelompok yang sama atau kelompok yang
sejenis, atau kelompok berpasangan yang lebih dari 2 variasi
7.
Mengenal
pola ABCD-ABCD
8.
Mengurutkan
benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya
|
C. Berfikir Simbolik
|
1.
Membilang
banyak benda 1-10
2.
Mengenal
konsep bilangan
3.
Mengenal
lambang bilangan
4.
Mengenal
lambang huruf
|
1.
Menyebutkan
lambang bilangan 1-10
2.
Menggunakan
lambang bilangan untuk menghitung
3.
Mencocokkan
bilangan dengan lambang bilangan
4.
Mengenal
berbagai macam lambang hurufvokal dan konsonan
5.
Mempresentasikan
berbagai macambenda dalam bentuk gambar atau tulisan (ada benda pensil yang
diikuti tulisan dan gambar pensil)
|
V. Sosial
Emosional
A.
Kesadaran
Diri
|
1.
Menunjukkan
sikap mandiri dalam memilih kegiatan
2.
Mengendalikan
perasaaan
3.
Menunjukkan
rasa percaya diri
4.
Memahami
peraturan dan disiplin
5.
Memeiliki
sikap gigih (tidak mudah menyerah)
6.
Bangga
terhadap hasil karya sendiri
|
1.
Memperlihatkan
kemampuan diri untuk menyesuaikan dengan situasi
2.
Memperlihatkan
kehati-hatian kepada orang yang belum dikenal (menumbuhkan kepercayaan pada
orang dewasa yang tepat)
3.
Mengenal
perasaan sendiri dan mengelolanya secara wajar (mengendalikan diri secara
wajar)
|
B.
Rasa
tanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain
|
1.
Menjaga
diri sendiri dari lingkungannya
2.
Menghargai
keunggulan orang lain
3.
Mau
berbagi, menolong dan membantu teman
|
1.
Tahu
akan haknya
2.
Menaati
aturan kelas (kegiatan, aturan)
3.
Mengatur
diri sendiri
4.
Bertanggung
jawab atas perilakunya untuk kebaikan diri sendiri
|
C.
Perilaku
Prososial
|
1.
Menunjukkan
antusiasme dalam melakukan permainan kompetitif secara positif
2.
Menaati
aturan yang berlaku dalam suatu permainan
3.
Menghargai
orang lain
4.
Menunjukkan
rasa empati
|
1.
Bermain
dengan teman sebaya
2.
Mengetahuin
perasaan temannya dan meresponnya secara wajar
3.
Berbagi
dengan orang lain
4.
Menghargai
hak/pendapat/karya orang lain
5.
Menggunakan
cara yang diterima secara sosial dalam menyelesaikan masalah (menggunakan
fikiran untuk menyelesaikan masalah )
6.
Belajar
kooperatif dengan teman
7.
Menunjukkan
sikap toleran
8.
Mengekspresikan
emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang-sedih-antusias,dsb)
9.
Mengenal
tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat
|
VI. Seni
A.
Anak
mampu menikmati berbagai alunan lagu atau suara
|
1.
Senang
mendengarkan berbagai macam music atau lagu kesukaannya
2.
Memainkan
alat musik /instrument/ benda yang dapat membentuk irama yang teratur
|
1.
Anak
bersenandung atau bernyanyi sambil mengerjakan sesuatu
2.
Memainkan
alat musik / instrument/ benda bersama teman
|
B.
Tertarik
dengan kegiatan seni
|
1.
Memilih
jenis lagu yang disukai
2.
Bernyanyi
sendiri
3.
Menggunakan
imajinasi untuk mencerminkan perasaan dalam sebuah peran
4.
Membedakan
peran fantasi dan kenyataan
5.
Menggunakan
dialog, perilaku, dan berbagai materi dalam menceritakan suatu cerita
6.
Mengekspresikan
gerakan dengan irama yang bervariasi
7.
Menggambar
objek di sekitarnya
8.
Membentuk
berdasarkan objek yang dilihatnya (misal: dengan plastisin, tanah liat)
9.
Mendeskripsikan
sesuatu (seperti: binatang) dengan ekspresif yang berirama (contoh: anak
menceritakan gajah dengan gerak dan mimic tertentu)
10. Mengkombinasikan berbagai warna
ketika menggambar atau mewarnai
|
1.
Menyanyikan
lagu dengan sikap yang benar
2.
Menggunakan
berbagai macam alat music tradisional maupun alat musik lain untuk menirukan
suatu irama atau lagu tertentu
3.
Bermain
drama sederhana\
4.
Menggambar
berbagai macam bentuk yang beragam
5.
Melukis
dengan berbagai cara dan objek
6.
Membuat
karya seperti bentuk sesungguhnya dengan berbagai bahan (kertas, plastisin,
balok, dll)
|
Loa
Kulu, 15 Juli 2016
Kepala
TK.Teratai
Hesti Wijayanti,S.Sos,S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar