Kamis, 05 Januari 2017

STANDAR ISI TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK K13


Lampiran I
PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 137 TAHUN 2014
TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

STANDAR ISI TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK
Lingkup Perkembangan
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
Usia 4 – 5 Tahun
Usia 5 – 6 Tahun
I.     Nilai Moral dan Agama
1.      Mengetahui agama yang dianutnya
2.      Meniru grakan beribadah dengan urutan yang benar
3.      Mengucapkan doa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
4.      Mengenal perilaku baik/ sopan dan buruk
5.      Membiasakan diri berperilaku baik
6.      Mengucapkan salam dan membalas salam

1.      Mengenal agama yang dianut
2.      Mengerjakan ibadah
3.      Berperilaku jujur, penolong, sopan, santun, hormat, sportif, dsb
4.      Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
5.      Menghormati hari besar agama
6.      Menghormati (toleransi) agama orang lain
II.  Bahasa
A.     Memahami Bahasa
1.      Menyimak perkataan orang lain (bahasa ibu atau bahasa lainnya)
2.      Mengerti dua perintah yang diberikan bersamaan
3.      Memahami cerita yang dibacakan
4.      Mengenal perbendaharaan kata mengenal kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb)
5.      Mendengar dan membedakan bunyi bunyian dalam bahasa Indonesia (contoh, bunyi dan ucapan harus sama)

1.      Mengerti beberapa perintah secara bersamaan
2.      Mengulang kalimat yang lebih kompleks
3.      Memahami aturan dalam suatu permainan
4.      Senang dan menghargai bacaan
B.     Mengungkapkan Bahasa
1.      Mengulang kalimat sederhana
2.      Bertanya dengan kalimat yang benar
3.      Menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan
4.      Mengungkapkan perasaan dengan kata sifat (baik, senang,nakal, pelit, baik hati, baik, jelek,dsb)
5.      Menyebutkan kata-kata yang dikenal
6.      Mengutarakan pendapat kepada orang lain
7.      Menyatakan alasan terhadap sesuatu yang diingingkan atau ketidak setujuan
8.      Menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah didengar
9.      Memperkaya perbendaharaan kata
10.  Berpartisipasi dalam percakapan

1.      Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks
2.      Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
3.      Berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol utntuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
4.      Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap (pokok kalimat- predikat-keterangan)
5.      Memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain
6.      Melanjutkan sebagian ceritadongeng yang telah diperdengarkan
7.      Menunjukkan pemahaman konsep-konsep dalam buku cerita

C.     Keaksaraan
1.      Mengenal symbol-simbol
2.      Mengenal suara-suara hewan / benda yang ada disekitarnya
3.      Membuat coretan bermakna
4.      Meniru (menuliskan dan mengucapkan) huruf A-Z
1.      Menyebutkan symbol-simbol huruf yang dikenal
2.      Mengenal suara huruf awal dari nama-nama benda yang ada disekitarnya
3.      Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama
4.      Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
5.      Membaca nama sendiri
6.      Menuliskan nama sendiri
7.      Memahami arti kata dalam cerita

III.              Fisik Motorik
A.     Motorik Kasar
1.      Meniru grakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat terbang, dsb
2.      Melakukan gerakan menggantung (bergelayut)
3.      Melakukan gerakan melompat, meloncat, dan berlari secara terkoordinasi
4.      Melempar sesuatu secara terarah
5.      Menangkap sesuatu secara tepat
6.      Melakukan gerakan antisipasi
7.      Menendang sesuatu secara terarah
8.      Memanfaatkan alat permainan diluar kelas

1.      Melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan dan kelincahan
2.      Melakukan koordinasi gerakan mata-kaki-tangan-kepala dalam menirukan tarian atau senam
3.      Melakukan permainan fisik dengan aturan
4.      Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri
5.      Melakukan kegiatan kebersihan diri
B.     Motorik Halus
1.      Membuat garis vertical, horizontal, lengkung kiri/kanan, dan lingkaran
2.      Menjiplak bentuk
3.      Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit
4.      Melakukan gerakan manipulative untuk menghasilkan suatu bentuk dengan menggunakan berbagai media
5.      Mengekspresikan diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media
6.      Mengontrol  gerakan tangan yang menggunakan otot halus, (menjumput, mengelus, mencolek, mengepal, memelintir, memilin, memeras)

1.      Menggambar sesuai gagasannya
2.      Meniru bentuk
3.      Melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan
4.      Menggunakan alat tulis dan alat makan dengan benar
5.      Menggunting sesuai pola
6.      Menempel gambar dengan tepat
7.      Mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara rinci

C.     Kesehatan dan Perilaku keselamatan
1.      Berat badan sesuai tingkat usia
2.      Tinggi badan sesuai tingkat usia
3.      Berat badan sesuai dengan standar tinggi badan
4.      Lingkar kepala sesuai tingkat usia
5.      Menggunakan toilet (penggunaan air, membersihkan diri) dengan bantuan minimal
6.      Memahami berbagai alarm bahaya (kebakaran, gempa, banjir)
7.      Mengenal rambu lalu lintas yang ada dijalan

1.      Berat badan sesuai tingkat usia
2.      Tinggi badan sesuai tingkat usia
3.      Berat badan sesuai dengan standar tinggi badan
4.      Lingkar kepala sesuai tingkat usia
5.      Menutup hidung dan mulut (misal ketika batuk dan bersin)
6.      Membersihkan dan membereskan tempat bermain
7.      Mengetahui situasi yang membahayakan diri
8.      Memehami tata cara menyebrang
9.       Mengenal kebiasaan buruk bagi kesehatan (rokok, minuman keras)

IV.    Kognitif
A.     Belajar dan pemecahan masalah
1.      Mengenal benda berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis)
2.      Menggunakan benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil)
3.      Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis,hujan, gelap, terang, temaram,dsb)
4.      Mengetahui konsep banyak dan sedikit
5.      Mengkreasikan sesuatu sesuai dengan idenya sendiri yang terkait dengan berbagai pemecahan masalah
6.      Mengamati benda dan gejala dengan rasa ingin tahu
7.      Mengenal pola kegiatan dan menyadari pentingnya waktu
8.      Memahami posisi/kedudukan dalam keluarga, ruang, lingkungan sosial, (misal : sebagai peserta didik/anak/teman)

1.      Menunjukkan aktifitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik (seperti: apa yang terjadi ketika air ditumpahkan)
2.      Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang fleksibel dan diterima sosial
3.      Menerapkan pengetahuan dan pengalaman dalam konteks yang baru
4.      Menunjukkan sikap kreatif dalam menyelesaikan masalah (ide, gagasan, di luar kebiasaan)
B.     Berfikir Logis
1.      Mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi, bentuk, atau warna atau ukuran)
2.      Mengenal gejala sebab-akibat yang terkait dengan dirinya
3.      Mengklasifikasikan benda kedalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpasangan dengan 2 variasi
4.      Mengenal pola (misal, AB-AB dan ABC-ABC) dan mengulngnya
5.      Mengurutkan benda berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna


1.      Mengenal perbedaan berdasarkan ukuran: “lebih dari”, “kurang dari”, dan “paling/ter”
2.      Menunjukkan inisiatif dalam memilih tema permainan (seperti: “ayo kita bermain pura-pura seperti burung”)
3.      Menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilakukan
4.      Mengenal sebab-akibat tentang lingkungannya (angin meniup menyebabkan daun bergerak, air dapat menyebabkan sesuatu menjadi basah)
5.      Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran (3 variasi)
6.      Mengklasifikasikan benda yang lebih banyak kedalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis, atau kelompok berpasangan yang lebih dari 2 variasi
7.      Mengenal pola ABCD-ABCD
8.      Mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya

C.     Berfikir Simbolik
1.      Membilang banyak benda 1-10
2.      Mengenal konsep bilangan
3.      Mengenal lambang bilangan
4.      Mengenal lambang huruf
1.      Menyebutkan lambang bilangan 1-10
2.      Menggunakan lambang bilangan untuk menghitung
3.      Mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan
4.      Mengenal berbagai macam lambang hurufvokal dan konsonan
5.      Mempresentasikan berbagai macambenda dalam bentuk gambar atau tulisan (ada benda pensil yang diikuti tulisan dan gambar pensil)

V.       Sosial Emosional
A.     Kesadaran Diri
1.      Menunjukkan sikap mandiri dalam memilih kegiatan
2.      Mengendalikan perasaaan
3.      Menunjukkan rasa percaya diri
4.      Memahami peraturan dan disiplin
5.      Memeiliki sikap gigih (tidak mudah menyerah)
6.      Bangga terhadap hasil karya sendiri

1.      Memperlihatkan kemampuan diri untuk menyesuaikan dengan situasi
2.      Memperlihatkan kehati-hatian kepada orang yang belum dikenal (menumbuhkan kepercayaan pada orang dewasa yang tepat)
3.      Mengenal perasaan sendiri dan mengelolanya secara wajar (mengendalikan diri secara wajar)
B.     Rasa tanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain
1.      Menjaga diri sendiri dari lingkungannya
2.      Menghargai keunggulan orang lain
3.      Mau berbagi, menolong dan membantu teman

1.      Tahu akan haknya
2.      Menaati aturan kelas (kegiatan, aturan)
3.      Mengatur diri sendiri
4.      Bertanggung jawab atas perilakunya untuk kebaikan diri sendiri

C.     Perilaku Prososial
1.      Menunjukkan antusiasme dalam melakukan permainan kompetitif secara positif
2.      Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan
3.      Menghargai orang lain
4.      Menunjukkan rasa empati
1.      Bermain dengan teman sebaya
2.      Mengetahuin perasaan temannya dan meresponnya secara wajar
3.      Berbagi dengan orang lain
4.      Menghargai hak/pendapat/karya orang lain
5.      Menggunakan cara yang diterima secara sosial dalam menyelesaikan masalah (menggunakan fikiran untuk menyelesaikan masalah )
6.      Belajar kooperatif dengan teman
7.      Menunjukkan sikap toleran
8.      Mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang-sedih-antusias,dsb)
9.      Mengenal tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat
VI.    Seni
A.     Anak mampu menikmati berbagai alunan lagu atau suara
1.      Senang mendengarkan berbagai macam music atau lagu kesukaannya
2.      Memainkan alat musik /instrument/ benda yang dapat membentuk irama yang teratur
1.      Anak bersenandung atau bernyanyi sambil mengerjakan sesuatu
2.      Memainkan alat musik / instrument/ benda bersama teman

B.     Tertarik dengan kegiatan seni
1.      Memilih jenis lagu yang disukai
2.      Bernyanyi sendiri
3.      Menggunakan imajinasi untuk mencerminkan perasaan dalam sebuah peran
4.      Membedakan peran fantasi dan kenyataan
5.      Menggunakan dialog, perilaku, dan berbagai materi dalam menceritakan suatu cerita
6.      Mengekspresikan gerakan dengan irama yang bervariasi
7.      Menggambar objek di sekitarnya
8.      Membentuk berdasarkan objek yang dilihatnya (misal: dengan plastisin, tanah liat)
9.      Mendeskripsikan sesuatu (seperti: binatang) dengan ekspresif yang berirama (contoh: anak menceritakan gajah dengan gerak dan mimic tertentu)
10.  Mengkombinasikan berbagai warna ketika menggambar atau mewarnai

1.      Menyanyikan lagu dengan sikap yang benar
2.      Menggunakan berbagai macam alat music tradisional maupun alat musik lain untuk menirukan suatu irama atau lagu tertentu
3.      Bermain drama sederhana\
4.      Menggambar berbagai macam bentuk yang beragam
5.      Melukis dengan berbagai cara dan objek
6.      Membuat karya seperti bentuk sesungguhnya dengan berbagai bahan (kertas, plastisin, balok, dll)

Loa Kulu, 15 Juli 2016
Kepala TK.Teratai



Hesti Wijayanti,S.Sos,S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar