Kamis, 05 Januari 2017

Nilai - Nilai Karakter AUD dan indikatornya


INDIKATOR NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI
TK.TERATAI LOA KULU

NO
NILAI
PENGERTIAN
INDIKATOR
1
Kecintaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa
Nilai yang didasarkan pada perilaku yang menunjukkan kepatuhan kepada perintah dan larangan Tuhan Yang Maha Esa yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
1.      Senang menyanyikan bebarapa lagu bernuansa imtaq dan mengekspresikan dengan gerak
2.      Terbias berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan
3.      Senang melakukan ibadah sehari-hari
4.      Senang menyimak dan menceritakan kembali cerita bernuansa imtaq
5.      Ingin mengetahui dan memahami sifat-sifat Tuhan melalui nama-nama Tuhan
6.      Memperlihatkan kasih sayang kepada ciptaan Tuhan dengan lebih beragam
7.      Senang mengucapkan syair/pantun yang bernuansa imtaq
8.      Terbiasa menggunakan ungkapan-ungkapan benuansa imtaq
9.      Terbiasa mengucapkan kata-kta santun (terima kasih, maaf, tolong)
10.  Terbiasa mengucap salam

2
Kejujuran
Keadaan yang terkait dengan ketulusan dan kelurusan hati, untuk berbuat benar
1.      Anak mengerti mana milik pribadi dan milik bersama
2.      Anak merawat dan menjaga benda miliknya
3.      Anak terbiasa berkata jujur
4.      Anak terbiasa mengembalikkan benda yang bukan miliknya
5.      Menghargai milik orang lain
6.      Mau mengakui kesalahan
7.      Mau minta maaf bila salah, dan memaafkan teman yang berbuat salah
8.      Menghargai keunggulan orang lain
9.      Tidak menumpuk mainan dan makanan untuk diri sendiri

3
Disiplin
Nilai yang berkaitan dengan ketertiban dan keteraturan
1.      Selalu datang tepat waktu
2.      Dapat memperkirakan waktu yang dipelukan untuk menyelesaikan sesuatu
3.      Menggunakan benda sesuai dengan fungsinya
4.      Mengambil dan mengembalikkan benda pada tempatnya
5.      Berusaha menaati peraturan yang telah disepakati
6.      Tertib menunggu giliran
7.      Menyadari akibat jika tidak disiplin

4
Toleransi dan cinta damai
Penanaman kebiasaan bersabar, tenggang rasa, dan menahan emosi dan keinginannya
1.      Senang bekerjasama dengan teman
2.      Mau berbagi makanan atau mainan dengan teman
3.      Selalu menyapa bila bertemu
4.      Menunjukkan rasa empati
5.      Senang berteman dengan siapa saja
6.      Menghargai pendapat teman dan tidak memaksakan kehendak sendiri
7.      Mau menengahi teman yang sedang berselisih
8.      Tidak suka membuat keributan atau mengganggu teman
9.      Tidak suka menang sendiri
10.  Senang berdiskusi dengan teman
11.  Senang menolong teman dan orang dewasa

5
Percaya diri
Sikap yang menunjukkan memahami kemampuan diri dan nilai harga diri
1.      Berani menyatakan pendapatnya
2.      Berani bertanya dan menjawab pertanyaan
3.      Bangga dengan dirinya
4.      Berani melakukan sesuatu tanpa bantuan
5.      Berani mencoba hal baru
6.      Mau melakukan tantangan dan tidak mudah menyerah
7.      Berani mempertahankan apa yang dipahami
8.      Ingin tampil menjadi juara
9.      Bangga terhadap hasil karya sendiri

6
Mandiri
Perilaku yang tidak bergntung pada orang lain. Penanaman nilai ini bertujuan anak terbiasa menentukan, melakukan, memenuhi, kebutuhan sendiri tanpa bantuan atau dengan bantuan yang seperlunya
1.      Dapat menentukan keinginannya sendiri
2.      Dapat memilih mainannya sendiri
3.      Senang melakukan sesuatu tanpa dibantu
4.      Mengetahui batas kemampuan sendiri
5.      Dapat mengambil keputusan sendiri atau dengan sedikit arahan
6.      Menghargai  bntuan orang lain
7.      Tidak mudah mengeluh dan cengeng
8.      Tidak penakut

7
Kreatif
Kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, bik berupa gagasan, maupun karya nyat, baik dalam bentuk karya baru, maupun kombinasi hal-hal yang sudah ada, untuk memecahkan masalah maupun menciptakan hal yang baru
1.      Memiliki banyak ide / gagasan
2.      Senang mengajukan solusi, untuk suatu masalah
3.      Memilik cara yang berbeda dalam memanfaatkan alat dan bahan bermain
4.      Senang membuat sesuatu dari bahan yang ada, disekitarnya
5.      Tidak mengalami kesulitan bila dihadpkan pada masalah
6.      Mengajukan dan membuat kreasi baru dari benda lama
7.      Senang dengan hal-hal yang menantang
8.      Sering memiliki jawaban yang berbeda dari teman

8
Tolong menolong, kerja sama dan gotong royong
Salah satu bentuk kemampuan sosialisasi dan kematangan emosi adalah kemampuan bekerja sama. Penanaman nilai ini dalam keseharian dilakukan melalui pembiasaan
1.      Senang bekerja sama dengan teman
2.      Senang menolong dan membantu teman
3.      Suka menenangkan teman yang merasa sedih atau takut
4.      Senang member dukungan pada teman yang sedang bekerja
5.      Dapat menunjukkan rasa empati pada orang lain
6.      Dapat melakukan kebiasaan dalam menolong orang lain

9
Hormat dan sopan santun
Sopan santun adaah nilai yang terkait dengan tata karma penghormatan pada orang lain yang sesuai dengan norma budaya
1.      Dapat melakukan kebiasaan yang baik
2.      Dapat mendengarkan orang lain bicara
3.      Dapar bersabar menunggu giliran bicara
4.      Dapat menghargai bantuan orang lain
5.      Dapat melakukan kebiasaan salam saat masuk rumah dan atau tempat lain
6.      Dapat melakukan kebiasaan mengucapkan salm saat bertemu atau berpisah
7.      Tidak mengejek orang lain

10
Tanggung jawab
Tanggung jawab adalah nilai yang terkait engan kesadaran untuk melakukan dan menanggung segala sesuatu (kamus besar Bahas Indonesia,1991)
1.      Merapikan peralatan / mainan yang telah digunakan
2.      Mengakui dan memint maaf apabila melakukan kesalahan
3.      Menjaga barang miliknya sendiri
4.      Menjaga barang milik orang lain dan umum (misalnya APE di sekolah, dll)
5.      Turut merawat mainan sekolah
6.      Senang menjalankan tugas yang diberikan orang tua atau guru

11
Kerja keras
nilai yang berkaitan dengan perilaku pantang menyerah, yaitu menerjakan sesuatu hingga selesai dengan gembira
1.      Anak beruaha menyelesaikan tugasnya hingga tuntas
2.      Anak berusaha focus pada permaianan yang dihadapinya
3.      Anak senag bila berhasil  menyelesaikan tugasnya dengan baik
4.      Anak berusaha engatasi kesulitan yang dihadapinya tanpa atau dengan sedikit pertolongan

12
Kepemimpinan dan keadilan
Nilai yang terkait dengan sikap dan perilaku yang menunjukkan pada prinsip kepemimpinan, seperti bertanggung jawab, membimbing, berkorban, melindungi, mengkomunikasikan, mengatur, menguasai, mengarahkan, atau mengajak orang lain untuk melakukan sesuatu kebajikan dan keadilan
Mampu memimpin teman se baya terhadap berbagai kegiatan yang dilakukan bersama



13
Rendah hati
Mencerminkan kebesaran jiwa seseorang dan sikap tidak sombong, dan bersedia mengakui kehebatan orang lain. Dengan adanya sikap rendah hati, kita bias mengikis rasa ego kita dan mau belajar dari orang lain
1.      Dapat berbagi mainan dengan teman
2.      Terbiasa berbicara dengan sikap santun
3.      Tidak suka memamerkan mainan atau milik sendiri
4.      Menghargai orang lain
5.      Mencegah temannya mencela atau mengolok-olok teman yang lainnya
6.      Senang berteman dengan semua orang
7.      Dapat berkomunikasi santun dengan menggunakan kata-kata yang tepat dan intonasi serta ekspresi yang sesuai

14
Peduli lingkungan
Nilai yang disasarkan pada sikap dan perilaku yang penuh perhatian dan rasa sayang terhadap keadan yang ada di lingkungan sekitarnya, memperhatikan, mengamati dan mencintai lingkungan

1.      Dapat membuang sampah sendiri
2.      Dapat menyiram tanaman
3.      Dapat membantu merawat tanaman
4.      Dapat merawat hewan peliharan
15
Cinta bangsa dan tanah air
Nilai yang terkait denga perasaan bangga dan cinta pada bangsa dan tanah air
1.      Menyanyikan lagu wajib ndonesia Raya dan bebrapa lagu bernuansa kebangsaan
2.      Berdoa dan mengheningkan cipta untuk para pahlawan bangsa dan kesejahteraan bangsa dan Negara
3.      Dapat melakukan gerakan upacara bendera dengan tertib dan benar
4.      Menyimak dan menceritakan kembali cerita kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan R
5.      Mengetahui dan memahami symbol-simbol Negara ( Garuda Pancasila, Bender, residen, dll)
6.      Memperihatkan rasa sayang dan cinta kepada tanah air
7.      Meniru dan mengerti (tahu arti) kalimat untuk bangsa dan tanah air
8.      Mengucapkan slam nasional
9.      Dapat mengenal kata-kat kebangsaan ( Bhineka Tunggal ika, Sabang-erauke, Pancasila, dll)
10.  Menghargai teman dan dapat menerima perbedaan etnis / suku


                                                                             Loa Kulu, 27 Juli 2016
                                                                              Kepala TK.Teratai




                                                                             Hesti Wijayanti,S.Sos

2 komentar:

  1. itu sumbernya darimana ya bu untuk pendidikan karakternya? (tokoh)

    BalasHapus
  2. Mohon maaf ibuk, ini kalau boleh tahu sumbernya dari mana ya. Misalnya nama ahli atau tokoh nya siapa gitu. Soalnya bagus tp takut ngambilnya

    BalasHapus