INDIKATOR NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI
TK.TERATAI LOA KULU
NO
|
NILAI
|
PENGERTIAN
|
INDIKATOR
|
1
|
Kecintaan Terhadap Tuhan Yang
Maha Esa
|
Nilai yang didasarkan pada perilaku yang menunjukkan kepatuhan
kepada perintah dan larangan Tuhan Yang Maha Esa yang diterapkan dalam kehidupan
sehari-hari
|
1.
Senang menyanyikan bebarapa lagu bernuansa imtaq dan
mengekspresikan dengan gerak
2.
Terbias berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan
3.
Senang melakukan ibadah sehari-hari
4.
Senang menyimak dan menceritakan kembali cerita bernuansa imtaq
5.
Ingin mengetahui dan memahami sifat-sifat Tuhan melalui
nama-nama Tuhan
6.
Memperlihatkan kasih sayang kepada ciptaan Tuhan dengan lebih
beragam
7.
Senang mengucapkan syair/pantun yang bernuansa imtaq
8.
Terbiasa menggunakan ungkapan-ungkapan benuansa imtaq
9.
Terbiasa mengucapkan kata-kta santun (terima kasih, maaf,
tolong)
10.
Terbiasa mengucap salam
|
2
|
Kejujuran
|
Keadaan yang terkait dengan ketulusan dan kelurusan hati, untuk
berbuat benar
|
1.
Anak mengerti mana milik pribadi dan milik bersama
2.
Anak merawat dan menjaga benda miliknya
3.
Anak terbiasa berkata jujur
4.
Anak terbiasa mengembalikkan benda yang bukan miliknya
5.
Menghargai milik orang lain
6.
Mau mengakui kesalahan
7.
Mau minta maaf bila salah, dan memaafkan teman yang berbuat
salah
8.
Menghargai keunggulan orang lain
9.
Tidak menumpuk mainan dan makanan untuk diri sendiri
|
3
|
Disiplin
|
Nilai yang berkaitan dengan ketertiban dan keteraturan
|
1.
Selalu datang tepat waktu
2.
Dapat memperkirakan waktu yang dipelukan untuk menyelesaikan
sesuatu
3.
Menggunakan benda sesuai dengan fungsinya
4.
Mengambil dan mengembalikkan benda pada tempatnya
5.
Berusaha menaati peraturan yang telah disepakati
6.
Tertib menunggu giliran
7.
Menyadari akibat jika tidak disiplin
|
4
|
Toleransi dan cinta damai
|
Penanaman kebiasaan bersabar, tenggang rasa, dan menahan emosi
dan keinginannya
|
1.
Senang bekerjasama dengan teman
2.
Mau berbagi makanan atau mainan dengan teman
3.
Selalu menyapa bila bertemu
4.
Menunjukkan rasa empati
5.
Senang berteman dengan siapa saja
6.
Menghargai pendapat teman dan tidak memaksakan kehendak sendiri
7.
Mau menengahi teman yang sedang berselisih
8.
Tidak suka membuat keributan atau mengganggu teman
9.
Tidak suka menang sendiri
10.
Senang berdiskusi dengan teman
11.
Senang menolong teman dan orang dewasa
|
5
|
Percaya diri
|
Sikap yang menunjukkan memahami kemampuan diri dan nilai harga diri
|
1.
Berani menyatakan pendapatnya
2.
Berani bertanya dan menjawab pertanyaan
3.
Bangga dengan dirinya
4.
Berani melakukan sesuatu tanpa bantuan
5.
Berani mencoba hal baru
6.
Mau melakukan tantangan dan tidak mudah menyerah
7.
Berani mempertahankan apa yang dipahami
8.
Ingin tampil menjadi juara
9.
Bangga terhadap hasil karya sendiri
|
6
|
Mandiri
|
Perilaku yang tidak bergntung pada orang lain. Penanaman nilai
ini bertujuan anak terbiasa menentukan, melakukan, memenuhi, kebutuhan
sendiri tanpa bantuan atau dengan bantuan yang seperlunya
|
1.
Dapat menentukan keinginannya sendiri
2.
Dapat memilih mainannya sendiri
3.
Senang melakukan sesuatu tanpa dibantu
4.
Mengetahui batas kemampuan sendiri
5.
Dapat mengambil keputusan sendiri atau dengan sedikit arahan
6.
Menghargai bntuan orang
lain
7.
Tidak mudah mengeluh dan cengeng
8.
Tidak penakut
|
7
|
Kreatif
|
Kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, bik
berupa gagasan, maupun karya nyat, baik dalam bentuk karya baru, maupun
kombinasi hal-hal yang sudah ada, untuk memecahkan masalah maupun menciptakan
hal yang baru
|
1.
Memiliki banyak ide / gagasan
2.
Senang mengajukan solusi, untuk suatu masalah
3.
Memilik cara yang berbeda dalam memanfaatkan alat dan bahan
bermain
4.
Senang membuat sesuatu dari bahan yang ada, disekitarnya
5.
Tidak mengalami kesulitan bila dihadpkan pada masalah
6.
Mengajukan dan membuat kreasi baru dari benda lama
7.
Senang dengan hal-hal yang menantang
8.
Sering memiliki jawaban yang berbeda dari teman
|
8
|
Tolong menolong, kerja sama dan gotong royong
|
Salah satu bentuk kemampuan sosialisasi dan kematangan emosi
adalah kemampuan bekerja sama. Penanaman nilai ini dalam keseharian dilakukan
melalui pembiasaan
|
1.
Senang bekerja sama dengan teman
2.
Senang menolong dan membantu teman
3.
Suka menenangkan teman yang merasa sedih atau takut
4.
Senang member dukungan pada teman yang sedang bekerja
5.
Dapat menunjukkan rasa empati pada orang lain
6.
Dapat melakukan kebiasaan dalam menolong orang lain
|
9
|
Hormat dan sopan santun
|
Sopan santun adaah nilai yang terkait dengan tata karma
penghormatan pada orang lain yang sesuai dengan norma budaya
|
1.
Dapat melakukan kebiasaan yang baik
2.
Dapat mendengarkan orang lain bicara
3.
Dapar bersabar menunggu giliran bicara
4.
Dapat menghargai bantuan orang lain
5.
Dapat melakukan kebiasaan salam saat masuk rumah dan atau tempat
lain
6.
Dapat melakukan kebiasaan mengucapkan salm saat bertemu atau
berpisah
7.
Tidak mengejek orang lain
|
10
|
Tanggung jawab
|
Tanggung jawab adalah nilai yang terkait engan kesadaran untuk
melakukan dan menanggung segala sesuatu (kamus besar Bahas Indonesia,1991)
|
1.
Merapikan peralatan / mainan yang telah digunakan
2.
Mengakui dan memint maaf apabila melakukan kesalahan
3.
Menjaga barang miliknya sendiri
4.
Menjaga barang milik orang lain dan umum (misalnya APE di
sekolah, dll)
5.
Turut merawat mainan sekolah
6.
Senang menjalankan tugas yang diberikan orang tua atau guru
|
11
|
Kerja keras
|
nilai yang berkaitan dengan perilaku pantang menyerah, yaitu
menerjakan sesuatu hingga selesai dengan gembira
|
1.
Anak beruaha menyelesaikan tugasnya hingga tuntas
2.
Anak berusaha focus pada permaianan yang dihadapinya
3.
Anak senag bila berhasil
menyelesaikan tugasnya dengan baik
4.
Anak berusaha engatasi kesulitan yang dihadapinya tanpa atau
dengan sedikit pertolongan
|
12
|
Kepemimpinan dan keadilan
|
Nilai yang terkait dengan sikap dan perilaku yang menunjukkan
pada prinsip kepemimpinan, seperti bertanggung jawab, membimbing, berkorban,
melindungi, mengkomunikasikan, mengatur, menguasai, mengarahkan, atau
mengajak orang lain untuk melakukan sesuatu kebajikan dan keadilan
|
Mampu memimpin teman se baya terhadap berbagai kegiatan yang
dilakukan bersama
|
13
|
Rendah hati
|
Mencerminkan kebesaran jiwa seseorang dan sikap tidak sombong,
dan bersedia mengakui kehebatan orang lain. Dengan adanya sikap rendah hati,
kita bias mengikis rasa ego kita dan mau belajar dari orang lain
|
1.
Dapat berbagi mainan dengan teman
2.
Terbiasa berbicara dengan sikap santun
3.
Tidak suka memamerkan mainan atau milik sendiri
4.
Menghargai orang lain
5.
Mencegah temannya mencela atau mengolok-olok teman yang lainnya
6.
Senang berteman dengan semua orang
7.
Dapat berkomunikasi santun dengan menggunakan kata-kata yang
tepat dan intonasi serta ekspresi yang sesuai
|
14
|
Peduli lingkungan
|
Nilai yang disasarkan pada sikap dan perilaku yang penuh
perhatian dan rasa sayang terhadap keadan yang ada di lingkungan sekitarnya,
memperhatikan, mengamati dan mencintai lingkungan
|
1.
Dapat membuang sampah sendiri
2.
Dapat menyiram tanaman
3.
Dapat membantu merawat tanaman
4.
Dapat merawat hewan peliharan
|
15
|
Cinta bangsa dan tanah air
|
Nilai yang terkait denga perasaan bangga dan cinta pada bangsa
dan tanah air
|
1.
Menyanyikan lagu wajib ndonesia Raya dan bebrapa lagu bernuansa
kebangsaan
2.
Berdoa dan mengheningkan cipta untuk para pahlawan bangsa dan
kesejahteraan bangsa dan Negara
3.
Dapat melakukan gerakan upacara bendera dengan tertib dan benar
4.
Menyimak dan menceritakan kembali cerita kemerdekaan dan
mempertahankan kemerdekaan R
5.
Mengetahui dan memahami symbol-simbol Negara ( Garuda Pancasila,
Bender, residen, dll)
6.
Memperihatkan rasa sayang dan cinta kepada tanah air
7.
Meniru dan mengerti (tahu arti) kalimat untuk bangsa dan tanah
air
8.
Mengucapkan slam nasional
9.
Dapat mengenal kata-kat kebangsaan ( Bhineka Tunggal ika,
Sabang-erauke, Pancasila, dll)
10.
Menghargai teman dan dapat menerima perbedaan etnis / suku
|
itu sumbernya darimana ya bu untuk pendidikan karakternya? (tokoh)
BalasHapusMohon maaf ibuk, ini kalau boleh tahu sumbernya dari mana ya. Misalnya nama ahli atau tokoh nya siapa gitu. Soalnya bagus tp takut ngambilnya
BalasHapus